Mahasiswa STEI Darul Qur’an mengadakan
Turnament Futsal Dan Volly Ball Tingkat Smp/Mts

Olahraga sangat amatlah penting bagi para pelajar,mahasiswa,dan segala kalangan masyarakat. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.
Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis,futbol dan sala
Futsal diciptakan diMontevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.
Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.
Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada organisasi “Young Man Christian Association” (YMCA) di kota Massachussets, Amerika Serikat. Mula-mula permainan bola voli diberi nama “mintonette”, dimana permainannya hampir serupa dengan permainan badminton. Jumlah permain tidak terbatas, sesuai dengan tujuan semula, yaitu untuk mengembangkan kesegaran dan kebuagaran jasmani pada buruh di samping bersenam umum.

Kemudian permainan ini diubah menjadi Volleyball  yang artinya kurang lebih memvoli bola berganti-ganti. Pada tahun 1892 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di negara Amerika Serikat. Pertandingan bola voli yang pertama tahun 1947 di Polandia. Pada tahun 1948 IVBF (International Volley Ball Federation) didirikan dengan anggota 15 negara dan berpusat di Paris. Dalam Perang Dunia II permainan ini tersebar di seluruh dunia terutama di Eropa dan Asia. Setelah Perang Dunia II prestasi dan popularitas permainan bola voli di AS menurun, sedangkan di negara lain terutama di Eropa Timur dan Asia berkembang sangat cepat dan massal. Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1928, yaitu pada zaman penjajahan Belanda.

Sebagai mahasiswa yang aktif dalam bidang olahraga mahasiswa STEI Darul Qur’an mengadkan turnament Futsal dan Volly Ball Tingkat Smp/Mts yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh jasmani dan rohani terlebih baatkan tali silahturahmi antara para siswa sekecamatan Braja Selebah. Dalam acara tersebut para mahasiswa mngundang berbagai sekolah yang ada di lingkungan kecamatan braja selebh untuk berpartisipasi.
Dalam pelaksanaan nya ada 14 sekolah yang mengikuti perlombaan tersebut , 12 club futsal putra dan 16 club volly ball putri. Perlombaan tersebut berjalan sangat lah baik selama tujuh hari lama nya. Dengan rasa sportifitas yang sangat erat mereka melakukan perlombaandengan sporty. Tak kalah para mahasiswa pun ikut partisipasi dalam permainan futsal di lapangan dan vollyball untuk membrikan semangat para adik adik smp/mts bahwa olahraga itu sangat lah penting untuk kehidupan.
Selain itu acara turnament ini di adakan untuk menarik para calon calon mahasiswa untukk bisa melihat kelebihan dan keunggulan dari STEI Darul Qur’an dimana tidak hanya unggul dalam pemikiran tetapi juga tentang skillnya.
Pemimpin STEI Darul Qur’an sangat mengapresiasi atas semangat dan kerja keras pada para mahasiswa untuk memajukan kampus tercinta mereka. Dari acara itulah banyak orang yang sadar bahwa dengan adanya pertemuan seprti itu lah dapat meningkatkan rasa sosialisasi antar siswa antar sekolah antar kampus.
Dan acara ini bertempat di pondok pesantren Darul Qur’an yang memiliki ide atas terselenggaranya acara ini adalah mahasiswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren jadi ada keterkaitan antar pesantren dengan kampus melalui mahasiswa nya .
Sebagai mahasiswa yang aktif dalam segalahal harus lah maningkatkan potensi atau menumbuhkan rasa sportifitas sejak dini. Banyak para siswa itu tertarik akan hal yang berhubungan dengan olahraga tak hanya futsal,volly ball,bulu tangkis sampaicatur pun banyak siswa yang menyukainya.
Adapun sistem permainan yang digunakan sebagai berikut :
Sistem permaiana volly ball
Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.
Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.

Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.
Sistem permainan futsal
Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas menurut karakter dan gaya permainan masing-masing posisi akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang.Sistem permainan futsal sama saja dengan permainan sepak bola pada biasanya